Perkembangan Islam di Indonesia

Advertisement

Assalamualaikum wr.wb
Sebagaimana kita ketahui bahwa indonesia adalah negara dengan penganut agama islam terbesar di dunia, pada tahun 2008 sendiri tercatat penganut islam di negara indonesia berkisar 80% dan sisanya adalah agama lainnya, dengan begitu bisa di katakan bahwa islam di indonesia sangat pesat perkembangannya.

Islam pertama kali datang ke indonesia akibat adanya perdagangan, pernikahan beda budaya dan lain sebagainya, dan dari pada itu maka terbentuklah kerajaan islam pertama di indonesia yaitu kerjaan samudra pasai, dimana pada masa kejayaannya sangat berpengaruh terhadap perkembangan islam di indonesia.
Islam datang ke indonesia pada saat itu atau pada saat besamaan di indonesia sendiri kebanyakan orang orangnya menganut ajaran animisme dan dinamisme, selain itu sebenranya sudah masuk agama lain sebelum islam yaitu agama buddha dan hindu, alasan islam berkembang pesat ini di karenakan dalam islam dikenal dengan ajarannya yang baik,tidak ada banyak syarat untuk masuk islam yaitu hanya dengan mengucapkan kedua kaliat syahadat saja, selain itu dalam islam juga tidak mengenal sistem kasta seperti halnya agama hindu dan buddha, dalam islam semua sama hanya saja ketaqwaan seseorang yang membedakannya.



islam masuk ke indonesia melalui beberapa faktor seperti halnya berikut ini :


  • perdagangan
Indonesia menjadi jalur transit pada masa itu sehingga pra pedagang dari india yang notabene beragama islam tentunya ikut serta menyebarkan islam dengan cara menikahi orang pribumi dan lain sebagainya, dalam faktor perdagangan ini sendiri islam berkembang sebagai agama yang memiliki nilai plus dalam proses jua beli dimana banyak pula para pedagang pada masa itu menggunakan syariat islam dalam berjualan, sehingga dalam bicang ekonomi islam mendapatkan sebuah apresiasi yang tinggi.
  • pendidikan
pendidikan menjadi sangat berpengaruh , karena pada saat itu ada banyak gujarat yang mengajarkan ajaran islam dengan metode pembelajaran seperti halnya sekolah pada zaman sekarang. pada zaman dahulu juga sering diakannya pengajian yang membicarakan islam dengan masa kejayaannya. dan terbentuknya juga pesantren.
  • kultural
artinya adalah islam berkembang dengan budaya yang ada di indonesia , seperti halnya pada masa wali songo yang bernama raden sahid atau yang dikenal dengan sunan kalijaga , dimana dirinya menyebarkan agama islam dengan menggunaka metode pertunjukan wayang, dimana kita kenal bahwa budaya wayang adalah dari agama hindu, namun dalam ceritanya menggunaka metode islam.

nah itulah 3 faktor yang mempengaruhi perkembangan islam di indonesia, semoga artikel diatas berguna dan menambah wawasan anda tentang agama islam.

Advertisement
Perkembangan Islam di Indonesia | risal | 5

0 comments:

Post a Comment